Selamat Datang di Web Desa Kanorejo “Terciptanya Desa Kanorejo yang Mandiri dan Hebat ” Tuban Bumi Wali - The Spirit of Harmony

Artikel

SEDEKAH BUMI DESA KANOREJO

28 September 2021 12:10:33  admin  855 Kali Dibaca  Warta Kanorejo

Sedekah Bumi adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat Desa Kanorejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunianya yang diberikan kepada alam dan manusia. Selain itu sedekah bumi atau manganan adalah adat-istiadat dari nenek moyang secara turun-temurun dalam memulihkan hubungan antara alam semesta dengan manusia.

Sedekah bumi adalah simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada alam sebagai karunia yang besar. Bagaimana tidak, tanah yang kita pijak setiap hari, kita buang kotoran di situ, kita tanam dan segala sesuatu yang kita lakukan maka kita perlu merawatnya dengan cara memberikan sedekah terhadap bumi kita ini.

Kegiatan Sedekah Bumi dilakukan setahuan sekali setiap selesai melangsungkan panen raya, tepatnya pada Hari Selasa Pon. Pada Tahun 2021, kegiatan sedekah bumi diadakan pada masa pandemi dengan acara berikut:

  1. Rakor Persiapan Sedekah Bumi dilaksanakan di Balai Desa Kanorejo pada Hari Jumat, tanggal 27 Agustus 2021
  2. Kerja bakti di Makam Desa Kanorejo oleh Pemerintahan Desa Kanorejo dan seluruh lapisan masyarakat pada Hari Sabtu, tanggal 11 September 2021
  3. Tahlimul Qur'an dilakukan oleh Tokoh Masyarakat Desa Kanorejo yang ditunjuk dan dilaksanakan mulai Hari Minggu malam sampi Senin sore (tanggal 12-13 September 2021)
  4. Tahlil di Makam Desa Kanorejo dilangsungkan pada Hari Senin, tanggal 13 September 2021
  5. Pagelaran Wayang Kulit di Makam Desa Kanorejo pada Hari Selasa, tanggal 14 September 2021 (dilaksanakan pagi hingga sore)
  6. Pentas Seni di Balai Desa Kanorejo pada Hari Selasa, tanggal 14 September 2021 (dilaksanakan malam hari maksimal sampai jam 21.00 WIB).

Kegiatan tersebut di atas dilangsungkan dengan menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan.

Writer: al

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Peta Desa

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Kanorejo No. 0001
Desa : Kanorejo
Kecamatan : Rengel
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 63271
Telepon :
Email : pemdeskanorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:338
    Kemarin:226
    Total Pengunjung:381.521
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.200.193.174
    Browser:Tidak ditemukan