Selamat Datang di Web Desa Kanorejo “Terciptanya Desa Kanorejo yang Mandiri dan Hebat ” Tuban Bumi Wali - The Spirit of Harmony

Artikel

Sejarah Desa

04 Januari 2021 11:00:00  admin  15.717 Kali Dibaca 

Sejarah Singkat Desa Kanorejo

Setiap desa pasti memiliki sejarahnya masing-masing, demikian halnya dengan Desa Kanorejo. Sejarah asal muasal desa seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun-temurun dan disampaikan dari mulut ke mulut. Sehingga sulit dibuktikan kebenarannya.

Dongeng tentang asal muasal Desa Kanorejo di atantaranya yang paling populer di masyarakat adalah Desa Kanorejo dulunya terdiri dari dua petinggen/kelurahan yaitu Petinggen Banaran dan Petinggen Modo, terletak di tepi Bengawan Solo sehingga terjadi erosi terus menerus hingga mengakibatkan Petinggen Banaran habis akibat longsor, termakan Bengawan. Sedikit demi sedikit warga pindah ke Petinggen Modo dan seiring perkembangan zaman, maka berubah nama menjadi desa yang terdiri dari dua dusun yaitu Dusun Kanor dan Dusun Pegaron. Petinggen Modo sendiri tidak lagi dipergunakan karena kepala desanya ada di Dusun Pegaron.

Asal muasal tergabungnya dua dusun menjadi desa menurut beberapa tokoh dikarenakan Dusun Kanor sering terjadi bencana banjir,bahkan hapir di setiap tahun menjadi langganan banjir hingga membawa banyak sampah berupa kayu, bambu, pohon pisang, dan buah-buahan dari bermacam jenis dan yang paling bersejarah adalah buah kelapa.

Awalnya ada buah kelapa yang tersangkut di desa kami. Warga desa kemudian mencoba menanam buah tersebut. Memang buah itu tadinya hidup, hingga sampai berbuah, tapi yang terjadi pada buah kelapa tersebut selalu bonor dan dari kata tersebut maka desa kami disebut dengan Kanor .

Dusun Pegaron tersebut ada sebuah pasar yang sangat ramai, pasar yang ramai. Pasar tersebut sempat menjadi tempat berkumpul untuk adanya jual beli, baik warga local maupun luar desa. Hingga masyarakat setempat menyebut tempat itu dengan nama Rejo sehingga kata tersebut digabungkan menjadi satu menjadi KANOREJO.

 

Sejarah Pemerintahan Desa 

Menurut cerita dari beberapa Tokoh Masyarakat. Pemerintahan Desa Kanorejo sebelumnya terbagi dalam 2 (dua) Petinggen/Kelurahan yang terdiri dari Kelurahan Banaran dan Kelurahan Modo. Tiap petinggen/kelurahan dipimpin oleh seorang Petinggi yang dibantu oleh Carik, Bayan, Petengan, Kamituo Jogotirto dan Jogoboyo.

Seiring dengan perkembangan zaman kedua petinggen/kelurahan tersebut berubah menjadi satu desa yaitu Desa Kanorejo yang terdiri dari dua dusun antara lain Dusun Kanor dan Dusun Pegaron. Sejak terbentuk Desa Kanorejo telah mengalami pergantian kepemimpinan (Kepala Desa) sebagai berikut :

  • Tahun 1857 - 1920, Desa Kanorejo dipimpin oleh KARTODIMIDJO
  • Tahun 1920 - 1925, Desa Kanorejo dipimpin oleh NOER NGADIRUN
  • Tahun 1925 - 1948, Desa Kanorejo dipimpin oleh SUHERMAN
  • Tahun 1948 - 1991, Desa Kanorejo dipimpin oleh S. TJOKROWIDIJO
  • Tahun 1991 - 1998, Desa Kanorejo dipimpin oleh DATENG HARIJONO
  • Tahun 1998 - 2007, Desa Kanorejo dipimpin oleh M. SUYANTO, SP.
  • Tahun 2007 - 2013, Desa Kanorejo dipimpin oleh PATMO
  • Tahun 2013 - 2019, Desa Kanorejo dipimpin oleh M. SUYANTO, SP.
  • Tahun 2019 sampai sekarang, Desa Kanorejo dipimpin oleh M. SUYANTO, SP.

Demografi

Topografi Desa Kanorejo adalah berupa Dataran dengan luas Kelurahan  290 Ha. Secara geografis Desa Kanorejo terletak pada ketinggian tanah 60 m dari permukaan laut, dengan curah hujan 1.030 mm / tahun, dengan topografi atau dataran rendah. Suhu udara berkisar 25-33º Celcius.

Secara administratif, desa  Kanorejo terletak di wilayah Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Dengan batas wilayah diantaranya :

Sebelah Utara                   : Ds. Sawahan dan Ds. Ngadirejo

Sebelah Selatan                : Ds. Karangtinoto

Sebelah Barat                    : Ds. Bulurejo dan Ds. Maibit

Sebelah Timur                   : Bengawan Solo / Kab. Tuban

Jarak tempuh Desa Kanorejo ke kecamatan adalah 4 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit. Sedangkan jarak tempuh ke kabupaten adalah 30 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam. Jarak tempuh ke Pemerintah Provinsi adalah 113 km. Dari pemerintah Pusat adalah 1.040 km.

 

Writer: Al

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Tuban Adalah Kita

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. RayaKanorejo No. 0001
Desa : Kanorejo
Kecamatan : Rengel
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 63271
Telepon :
Email : pemdeskanorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:253
    Kemarin:227
    Total Pengunjung:114.394
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.89.204.127
    Browser:Tidak ditemukan